Cara Memilih Makanan Pendamping Asi

Posted on Juni 4, 2016 By

Cara memilih makanan pendamping asi yang tepat untuk usia bayi perlu kita pelajari. Jangan sampai keinginan kita untuk memberikan makanan terbaik untuk bayi malah salah sasaran. Pada dasarnya bayi hingga berumur 6 bulan tidak membutuhkan makanan tambahan. Karena nutrisi ASI dari sang ibu masih cukup untuk memenuhi kebutuhannya. Selain itu asi juga merupakan sumber makanan terbaik untuk bayi. Karena mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan. Lagi pula, sistem pencernaan bayi juga masih dalam tahap perkembangan untuk dapat menyesuaikan dengan makanan. Karena itu jangan pernah berikan makanan apapun pada bayi sebelum usia bay lebih dari 7 bulan. Pada kesempatan kali ini, kami akan berbagi informasi mengenai cara membuat makanan pendamping asi dan beberapa kriteria untuk mpasi.

Berikut ini kriteria makanan pendamping asi yang cocok untuk diberikan pada anak anda :

  1. Makanan pendamping asi bersifat padat energi, mengandung proteuin dan zat gizi mikro
  2. makanan pendamping asi tidak berbumbu tajam, tidak menggunakan gula, garam, penyedap ataupun makanan yang mengandung pengawet dan perasa
  3. Pilih makanan yang bertestur lembut sehingga memudahkan untuk ditelan
  4. pilihlan bahan alami seperti buah

Berikut ini beberapa contoh makanan pendamping asi mpasi bayi 7 bulan ke atas

  1. usia 7 hingga 8 bulan : asi masih menjadi pokok yang diberikan pada bayi, untuk makanan pendamping asi kita bisa berikan makanan yang dihaluskan, seperti buah pisang. Coba dengan takaran 1 sendok sehari, jika bayi suka tinggal kita tambah sedikit demi sedikit. Namun jika bayi kurang suka, jangan dipaksakan.

Tips