6 Manfaat Mengkonsumsi Teh Hijau Setiap Hari Untuk Kesehatan

Posted on Oktober 13, 2016 By

khasiat teh hijau

khasiat teh hijau

Manfaat teh hijau untuk kesehatan – Teh hijau berasal dari jenis tumbuhan Camellia sinensis. Minuman ini awalnya berasal dari Tiongkok. Teh hijau bisa disajikan dalam keadaan panas, dingin, dicampur madu, atau dijadikan teh tubruk tanpa gula.

Apa Kandungan Teh Hijau
Selain rasanya yang nikmat, teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan sendiri memiliki kegunaan dalam melawan radikal bebas yang berkeliaran dalam tubuh. Radikal bebas berlebih dapat merusak bahkan membunuh sel-sel tubuh, sehingga bisa menyebabkan penuaan dini, kanker, dan penyakit-penyakit lain.
Senyawa katekin yang dikandung teh hijau memiliki kekuatan berlipat dibanding vitamin C dan vitamin E dalam menghentikan kerusakan oksidatif pada sel-sel tubuh. Teh hijau juga mengandung vitamin B, asam folat, mangan, kalium, magnesium, dan kafein.

Antioksidan yang ada di dalam teh hijau cap kepala jenggot sangatlah baik untuk mencegah terjadinya berbagai jenis penyakit seperti kanker, penuaan dini, Parkinson dan penyakit lainnya baik yang ringan maupun berat. Di dalam teh hijau cap kepala jenggot juga mengandung senyawa katekin dimana senyawa ini lebih besar berkali-kali lipat dibandingkan dengan kemampuan dari vitamin C atau vitamin E dalam hal menghentikan terjadinya kerusakan oksidatif yang terjadi di sel-sel tubuh sehingga mengonsumsi teh hijau cap kepala jenggot sangatlah bermanfaat. Selain itu kandungan lainnya yang ada di dalam teh hijau cap kepala jenggot diantaranya meliputi, mangan, asam folat, vitamin B, kafein, magnesium dan kalium. Nah, mari kita lihat apa saja manfaat teh hijau kepala jenggot pada kesehatan berikut ini:

Berikut 6 manfaat teh hijau untuk kesehatan yang bisa diperoleh saat mengonsumsi teh hijau seperti dikutip laman Boldsky, Rabu (13/7/2016).
1. Tubuh lebih rileks

Ini adalah manfaat terbesar dari minum teh hijau. Minuman ini mengandung asam amino alami bernama L-theanine yang bisa mengurangi rasa cemas serta membuat Anda jadi mengantuk.

2. Lawan virus flu

Common cold atau salesma ditandai dengan hidung meler, batuk, mata berair, sakit tenggorokan, dan bersin. Jika Anda sedang mengalami common cold maupun flu ada baiknya mengonsumsi teh hijau. Kandungan salah satu antioksidan bernama catechin mampu membantu lawan virus flu.

3. Tingkatkan metabolisme tubuh

Beberapa riset medis membuktikan tidur lelap tanpa gangguan meningkatkan metabolisme tubuh. Metabolisme tubuh yang sehat akan membuat tubuh sehat dan kulit bersinar.

4. Mengurangi risiko flu

Kandungan polifenol pada teh hijau mampu mencegah seseorang terkena flu. Jika mengonsumsi teh hijau pada malam hari bisa menurunkan risiko kena flu hingga 75 persen.

5. Melancarkan BAB keesokan hari lebih lancar

Mengonsumsi teh hijau pada malam hari menstimulasi pergerakan usus di pagi hari.

6. Tingkatkan fungsi otak

Peneliti membuktikan minum teh hijau sesudah makan malam meningkatkan fungsi otak serta mendorong fungs kognitif.

Tips